Monday, December 4, 2017

Yakin Arti Nama Anakmu Benar? Awas Loh Jadi Korban Blogger Ngawur



Ingat, blogger tidak semuanya penulis profesional dan tidak semua blogger menulis artikel dengan benar; banyak sekali blogger yang menulis tanpa penelitian, tidak serius bahkan ngawur yang penting dapat uang entah dari seseorang yang membayarnya maupun dari iklan yang dipasang di websitenya.

Urusan nama, kita sebagai orang tua seharusnya hati-hati dan lebih teliti saat memberi nama anak. Artinya hati-hati tidak sembarangan memberi nama misalnya bercandaan, nama aneh yang tidak layak atau pun nama selebritis yang sama persis. Selain itu pemberian nama yang tidak serius, misalnya terdiri dari satu huruf atau asal-asalan saja dapat berakibat buruk untuk mental si anak.

Jaman sekarang, orang tua lebih senang menamai anak dengan nama yang agamis dan kalau bisa berbeda, unik dan kadang nyeleneh daripada nama orang kebanyakan. Kalau anda adalah seorang guru atau tim medis yang sering berhadapan dengan anak-anak, pasti anda bisa memperhatikan kalau nama anak-anak semakin ke sini semakin susah dibaca.

Nama boleh beda, unik apalagi agamis; tidak ada yang melarang. Hanya saja, kalau menamai harus teliti. Sekarang sudah jaman internet, cari nama anak bisa dari internet kapan saja dan di mana saja. Masalahnya, tidak semua informasi di internet benar dan valid.

Saya mencoba ingin menamai anak dengan nama yang kearab-araban yang artinya anak yang tampan.

1. Saya mencoba google translate. Hasilnya seperti di gambar di bawah ini.

Namanya menjadi Alwald Wasuma (anak tampan). Namun lihat gambar di bawah ini setelah saya balik dari Arab ke Bahasa Indonesia.

Arti Alwald Wasuma menjadi "Anak laki-laki itu bernama" karena tata bahasa yang berbeda dan tidak banyak dipahami oleh orang awam.

2. Saya mencoba search (cari) dari website tertentu


Saya pilih nama Fairuuz yang kata website itu artinya Batu permata warna biru kehijauan. Kemudian saya cek lagi. Hasilnya kata Fairuuz tidak ada dalam Bahasa Arab, yang ada adalah Fairouz yang artinya memang benar Batu warna biru kehijauan.

Ini baru nama yang terdiri dari satu nama, kalau nama yang terdiri dari 3 atau 4 nama bagaimana. Anda harus lebih teliti lagi tentunya. Nama agamis dan unik yang sekarang banyak di internet belum tentu benar lho, bisa saja salah, dan kebanyakan salah atau salah dipahami.

Sekarang lihat nama di bawah ini yang kata websitenya artinya panjang sekali. Kemudian saya cek di google translate. Kan berbeda lagi artinya. Entah dari mana maksud si penulis bisa mendapat nama itu, apakah dia seorang ahli Bahasa Arab? Siapa yang tahu?!



No comments:

Post a Comment

Say anything you want to say. Thanks anyway.