Sunday, November 26, 2017

Jangan Mudah Menghapus Foto dan Video Walaupun Menurutmu Jelek



Semua foto dan video yang kamu rekam akhir-akhir ini akan menjadi kenangan di masa yang akan datang, sejelek apapun itu menurut kamu. Satu hari memang berjalan lambat, tetapi satu tahun rasanya cepat sekali, sudah mau 2018 saja!

Terkadang kalau lagi iseng buka-buka folder lama di komputer dan melihat-lihat foto dan video di dalamnya, perasaan baru kemarin kejadiannya. Tetapi, waktu melihat detil tahunnya, ternyata 3 tahun lalu! Betapa waktu cepat sekali berlalu bahkan kadang aku melawatkan banyak hal.


Beberapa foto dan video hilang entah kemana entah terhapus atau aku terlalu mudah menghapus. Banyak foto beberapa tahun lalu yang tidak aku suka menjadi favoritku sekarang. Beberapa karena kenangan di dalamnya, beberapa lagi karena aku pernah kurus. Hahahaha

Rasanya sedikit menyesal tidak mengambil foto dan video banyak-banyak waktu dulu. Misalnya hanya kegiatan sehari-hari di rumah, kehidupan kita sebenarnya, bukan yang diedit untuk diupload di instagram. Atau foto dan video ayah ibu saat mereka di rumah, melakukan hal sehari-hari yang memang kelihatannya membosankan, tapi itulah satu-satunya kenangan yang berharga jika kita tidak bisa lagi bertemu dengan mereka.

Sudah satu tahun ini aku membiasakan diri untuk ambil foto dan video sebanyak-banyaknya, tanpa editan dan langsung aku simpan secara pribadi di internet supaya tidak memenuhi memory Hp. Hasilnya, walaupun tidak setiap hari aku punya kesempatan ambil video- menyenangkan sekali! Tau-tau sudah 300an video saja, dan bagiku semuanya sangat berarti karena kenangan dan kejadian yang sudah terjadi tidak bisa kembali dan tidak bisa dibeli dengan cara apapun.

Cara menyimpan foto dan video sekarang sangat mudah dan hampir tidak terbatas banyaknya. Untuk foto bisa disimpan di DVD yang satu keping hanya 4ribuan harganya dan sudah muat 4 giga. Daripada flashdisk yang rawan virus dan terhapus, mendingan burned DVD. Selain itu bisa di google drive atau dropbox yang bisa simpan file sebesar apapun. Untuk video, aku lebih nyaman menyimpan di youtube dan kalau akusih mode private karena hanya untukku sendiri.

Saranku video dan foto yang hanya disimpan untuk kalian sendiri tidak perlu banyak editan, biarkan apa adanya, semembosankan mungkin karena memang seperti itulah aslinya dan kalau bisa dengan kualiltas yang terbaik, baik kualitas kamera, kualitas cahaya saat merekam dan juga kualitas filenya. Yakinlah mungkin kamu tidak akan suka foto dan video itu sekarang, tapi nanti, kamu akan merindukannya.

No comments:

Post a Comment

Say anything you want to say. Thanks anyway.